16 Oct

Profil 24 Board Game Indonesia Yang Siap Dipamerkan Di Jerman [Bagian 10]

Oktober mendatang, kontingen Indonesia kembali berpartisipasi dalam SPIEL 2018, pameran board game paling bergengsi di Essen Jerman. Keikutsertaan Indonesia kali ini mendapat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI).

Sebanyak 24 board game Indonesia telah lolos seleksi dan siap dipamerkan dalam booth Archipelageek dari kontingaen Indonesia. Berikut ini, Boardgame.id akan menyajikan seri ke-10 dari 12 seri artikel yang akan menjelaskan profil board game-board game karya anak bangsa yang terpilih mewakili Indonesia di Essen SPIEL 2018.

19. Flipeek Medieval

Sebagai kesatria kerajaan yang terhormat, kamu harus menjalankan berbagai quest (tugas). Untuk menjalankannya sang kesatria harus menuju berbagai lokasi. Masalahnya, namanya juga manusia, kesatriapun bisa lupa.

Flipeek: Medieval dari Coralis Entertainment

Dalam game terbitan Coralis Entertainment (dulunya Aqua Terra Ventus) ini, pemain akan diminta untuk menghafal kartu objek. Pemain yang berhasil menghafal dan tau di mana saja letak semua objek yang disebutkan di kartu quest akan mendapatkan poin.

Pemain yang pertama kali mendapatkan 10 poin akan memenangkan permainan dan akan dianggap sebagai kesatria paling berjasa bagi kerajaan. Dapat dimainkan untuk 2-4 pemain berusia 8 tahun ke atas. Terdapat dua jenis mode permainan, mode klasik, dan mode strategi yang lebih menantang.

20. Oktet

Kamu pernah bermain kuartet? Sebuah permainan kartu yang menuntut pemain untuk mengumpulkan satu set kartu yang berisi empat kartu yang sejenis. Nah!, dalam Oktet buatan Morfosic Stuido (Mahapatha) pemain bukan lagi mengumpulkan empat, tapi delapan kartu yang sejenis!

Oktet dari Morfosic Studios

Kata “Oktet” sendiri mengambil kata Octo dari bahasa latin yang berarti delapan. Game ini dimainkan simultan oleh semua pemain dengan menawarkan sejumlah kartu, pemain lain lalu boleh menyambut atau menukar kartu tersebut dengan miliknya dengan jumlah yang sama.

Di dalamnya juga ada kartu joker yang bisa membantu pemain melengkapi set kartunya. Hanya saja, jika kamu memegang kartu joker namun bukan kamu yang memenangkan ronde tersebut, kamu akan mendapat poin minus. Bisa dimainkan minimal empat pemain dengan maksimal sembilan pemain.

(disadur dari Boardgame.id: http://boardgame.id/profil-24-board-game-indonesia-10/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *