09 Oct

Profil 24 Board Game Indonesia Yang Siap Dipamerkan Di Jerman [Bagian 8]

Oktober mendatang, kontingen Indonesia kembali berpartisipasi dalam SPIEL 2018, pameran board game paling bergengsi di Essen Jerman. Keikutsertaan Indonesia kali ini mendapat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI).

Sebanyak 24 judul board game Indonesia telah lolos seleksi dan siap dipamerkan dalam booth Archipelageek dari kontingaen Indonesia. Berikut ini, Boardgame.id akan menyajikan seri kedelapan dari 12 seri artikel yang akan menjelaskan profil board game-board game karya anak bangsa yang terpilih mewakili Indonesia di Essen SPIEL 2018.

15. Bluffing Billionaires

Layaknya reuni-reuni dengan teman sekolah, waktu ketemu pasti saling bergunjing sekarang kerja di mana, jabatannya apa, gaji berapa, sudah punya rumah di mana. Begitu juga saat para Milyuner sedang berkumpul di suatu acara yang sama.

Bluffing Billionaires dari Masbro Studio

Pastinya mereka akan saling menggembar-gemborkan aset dan kekayaan dong! Itulah yang sepanjang game akan dilakukan pemain saat bermain Bluffing Billionaires keluaran Masbro Studio. Satu yang perlu dilakukan pemain hanyalah mengaku yang paling kaya.

Asetmu bernilai kecil? digertak saja. Siapa tau yang lain percaya. Jika kamu berhasil mengelabui lawan, kamu bisa mengambil aset mereka. Di antara 3-6 pemain, satu orang yang di akhir permainan memiliki total nilai aset yang paling banyak akan menjadi pemenang.

16. Varna

Kamu masih ingat dengan Mahapatha yang pernah dibahas dalamprofil board game Indonesia bagian pertama? Mahapatha diangkat sebagai gambaran cerita yang didasarkan dari buku Grumantra of Dalhalla. Begitu juga dengan Varna.

Varna dari Morfosic Studios

Varna digambarkan sebagai semacam permainan catur atau sebuah board game populer yang ada di semesta buku tersebut. Bisa dibilang Varna adalah catur fiksi yang hanya ada di dunia tersebut. Dasar permainannya pun sama, pemain menggerakkan keping (bukan bidak) ke area lawan atau memakan keping lawan.

Digarap oleh pengembang yang sama dengan Mahapatha, Morfosic Studios, game inipun juga hanya bisa dimainkan untuk dua pemain alias duel. Bedanya, setiap keping memiliki unsur. Layaknya unsur/elemen dalam game-game RPG atau bahkan pokemon, satu elemen kuat terhadap satu elemen dan lemah menghadapi elemen lainnya.

(disadur dari Boardgame.id: http://boardgame.id/profil-24-board-game-indonesia-8/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *