11 Oct

Profil 24 Board Game Indonesia Yang Siap Dipamerkan Di Jerman [Bagian 9]

Oktober mendatang, kontingen Indonesia kembali berpartisipasi dalam SPIEL 2018, pameran board game paling bergengsi di Essen Jerman. Keikutsertaan Indonesia kali ini mendapat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI).

Sebanyak 24 judul board game Indonesia telah lolos seleksi dan siap dipamerkan dalam booth Archipelageek dari kontingaen Indonesia. Berikut ini, Boardgame.id akan menyajikan seri kesembilan dari 12 seri artikel yang akan menjelaskan profil board game-board game karya anak bangsa yang terpilih mewakili Indonesia di Essen SPIEL 2018.

17. Roket Raket

Olahraga bulu tangkis atau badminton memang populer di Indonesia. Apalagi banyak atlet yang berhasil menyumbangkan medali emas dalam ajang pertandingan kelas dunia. Saking populernya, banyak anak-anak, keluarga yang bermain di halaman depan rumah mereka atau di pinggir jalan.

Roket Raket dari Manikmaya Games

Nah! Lewat card game dari Manikmaya Games ini, pemain akan bisa bermain badminton di dalam rumah lho! dan tanpa berkeringat! Tentu saja, karena dimainkannya di atas meja. Layaknya pertandingan sungguhan, game ini bisa dimainkan satu lawan satu atau berpasangan.

Pemain akan dibekali kartu yang di dalamnya tergambar simbol tangkis dan pukul. Pemain akan bergantian mengeluarkan kartu sampai salah satu tidak bisa membalas pukulan atau staminanya habis. Terdapat juga kartu karakter dengan kemampuan khusus.

18. Senggal Senggol Gg. Damai

Hidup tenang di sebuah kompleks perumahan yang terletak di pinggiran ibu kota nampaknya tidak semudah yang dikira. Game yang diterbitkan oleh Hompimpa Games ini ingin menonjolkan bagaimana warga selayaknya hidup dan tinggal dengan damai bersama warga yang lain.

Senggal Senggol gg. Damai dari Hompimpa Games

Toleransi, itulah inti dari permainan kooperatif ini. Pemain harus membantu warga, jangan sampai saat mereka berbuat masalah malah menyerempet tetangga dan kompleks berubah menjadi onar. Tugas pemain adalah menjaga agar tingkat kesabaran warga tidak mencapai titik didih alias pergi dari kompleks.

Permasalahan warga yang disajikan dalam board game Senggal Senggol Gg. Damai ini diambil sedekat mungkin dengan permasalahan yang memang kerap terjadi. Sebut saja menyalakan musik keras-keras, membuang sampah sembarangan, membawa tamu lebih dari satu hari dan tidak lapor RT dan lainnya.

(disadur dari Boardgame.id: http://boardgame.id/profil-24-board-game-indonesia-9/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *